Memasukan Lembar Lanscape di Halaman Potrait Ms Word

Sebagai pegawai kantoran pasti sudah tidak asing lagi dengan Micosoft Word, pengaturan dalam membuat lembar kerja/halaman tulis perlu kita ketahui salah satunya adalah Membuat Lembar Lanscape di Halaman Potrait Ms Word. Seperti pada saat kita membuat dokumen berbentuk portrait tentu saja secara otomatis lembar kerja berikutnya akan mengikuti pengaturan lembar kerja menjadi portrait secara otomatis. Begitu pula ketika kita menghendaki untuk membuat lembar kerja baru dengan menggunakan bentuk landscape setelah lembar pertama selesai lembar-lembar berikutnya akan mengikuti bentuk seperti pada lembar pertamayaitu menjadi bentuk landscape secara otomatis.
Lembar portrait adalah lembar yang ditampilkan dengan bentuk vertical. Pada saat pertama membuat lembar kerja pada Ms Word pengaturan potrait inilah yang otomatis ditampilkan, karena pengaturan ini merupakan pengaturan default. Lembar landscape adalah lembar yang ditampilkan dengan menggunakan bentuk horizontal. Tampilan ini harus melalui pengaturan pada orientation dengan memilih menu page setup/page layout pada menu bar kemudian klik orientation klik landscape, maka tampilan lembar kerja berubah menjadi landscape dan kebanyakan lembar – lembar dengan bentuk landscape digunakan pada saat membuat table. Pada saat kita membutuhkan bukan hanya satu bentuk lembaran dalam bentuk portrait pada suatu dokumen Ms Word, tetapi juga dalam bentuk landscape kita sebagai pengguna baru Ms Word pasti akan kesulitan untuk mencari pengaturan tersebut. Dengan adanya artikel ini kita diharapkan dapat memasukan lembar landscape didalam halaman portrait. Langkah-langkah untuk memasukan lembar landscape ke halaman portrait, bisa juga sebaliknya memasukan lembar portrait ke halaman landscape tergantung bentuk dokumen yang kita inginkan. Pengaturan tersebut dapat kita lihat sebagai berikut :
  1. Perhatikan pada menu bar klik pada page setup/page layout di Ms Word
  2. Perhatikan pada sub menu page layout cari dan klik breaks akan tampil beberapa pilihan sub menu breaks.
  3. Kemudian pilihlah next page disinilah anda akan mengatur bentuk tampilan pada lembar kerja sesuai pilihan untuk menggunakan portrait atau landscape tanpa mengubah pengaturan yang telah dibuat sebelumnya.
  4. Ketika anda memilih orientation pada sub menu page setup/page layout dan memilih landscape maka lembar kedua dan seterusnya akan berentuk landscape. Setelah berbentuk landscape ketika mengubah kembali menjadi portrait atau kembali ke pengaturan portrait sebelumnya, anda lakukan dengan klik kursor pada lembar terakhir kemudian ulangi cara pertama sampai ketiga atau pada lembar tersebut klik orientation pada sub menu page setup/page layout kemudian pilih portrait.
Cara memasukan lembar kerja landscape pada halaman portrait dapat anda praktekan menggunakan Ms Word 2007 dan Ms Word 2010, dan anda tidak perlu lagi membuat dua dokumen terpisah, cukup satu dan mempunyai dua fungsi yaitu sebagian lembar portrait dan sebagian lagi dimasukan lembar landscape. Dengan langkah-langkah tersebut penulis mengharap pembaca untuk dapat mempraktekan langkah-langkah memasukan lembar kerja landscape pada halaman portrait di Ms Word. Selamat mencoba!!!

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mengunci Keyboard Tanpa Software

CARA MENGATASI MEMORI TIDAK BISA MENYIMPAN DAN TERBACA

Cara Mudah Menjadi Teknisi Komputer